-->

Cara Membuat Website Sekolah, Mudah dan Cepat

Cara Membuat Website Sekolah, Mudah dan Cepat – Sekolah sebagai salah satu instansi pendidikan formal memerlukan website resmi sebagai media branding diri dan distribusi informasi. Ternyata pembuatan website sekolah tidak terlalu sulit dan bisa Anda lakukan dalam waktu yang singkat.

Salah satu cara mudah membuat website sekolah adalah dengan menggunakan platform Wordpress. Platform ini dinilai lebih fleksibel dan bisa menyesuaikan kebutuhan penggunanya. Nantinya Anda juga bisa melakukan migrasi domain untuk memindahkan server ke hosting yang lebih baik. Simak juga cara membuat website pribadi dengan mudah. 

cara membuat website sekolah

Langkah - Langkahnya

Apabila Anda hendak membuat website untuk intansi sekolah Anda, berikut merupakan langkah dan cara membuat website sekolah yang bisa Anda terapkan, diantaranya:

1.      Install Wordpress

Anda bisa melakukan instalasi wordpress dengan menggunakan cPanel, salah satu platform yang sering direkomendasikan untuk digunakan bersamaan dengan wordpress. Proses instalasi bisa Anda lakukan langsung di laman wordpress dan perangkat Anda atau menggunakan layanan hosting yang Anda gunakan.

Proses cara membuat website sekolah instalasi ini dimulai dengan pengunduhan wordpress dan berakhir dengan pemasangannya.

Tanda bahwa proses instalasi telah selesai dapat terlihat dengan munculnya tanda akses halaman pada dashboard milik admin. Jika terdapat menu tersebut di perangkat Anda, berarti Anda sudah siap untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

2.      Tambahkan Tema

Agar terlihat profesional dan resmi, cara membuat website sekolah selanjutnya adalah menambahkan tema yang simpel, minimalis, dan khusus untuk pendidikan. Anda bisa menggunakan format yang terdapat pada wordpress atau menggunakan tema unduhan dari luar.

Biasanya tema yang digunakan untuk instansi pendidikan dibedakan dengan tema-tema untuk jasa komersi. Anda bisa menggunakan menu appereance untuk memasan tema, dengan memilih tema, kemudian menambahkan tema baru yang tersedia atau melakuan upload tema baru.

3.      Melakukan Setting Permalink

Langkah cara membuat website sekolah selanjutnya adalah memasang permalink pada website yang sudah Anda buat. Permalink memiliki fungsi untuk meningkatkan kinerja SEO dan membuat tampilan website menjadi lebih rapi. Tambahkan permalink di setiap landing page dan artikel, agar peringkat website yang Anda miliki dapat terus naik ke posisi pertama.

Untuk mengaturnya, Anda hanya perlu masuk ke bagian setting, kemudian memilih menu permalink. Gunakan elemen (/%postname%/) untuk membuat permalink yang mudah dilihat.

Dengan begitu, setiap url yang dibuat dengan cara membuat website sekolah dapat ter-publish sesuai dengan judul halaman, tanpa perlu menggantinya setiap tahun.

4.      Melakukan Instalasi Plugin Buddypress

Karena website ini digunakan untuk komunitas, maka Anda membutuhkan plugin budypress, sesuai dengan rekomendasi yang sering digunakan. Ini akan membuat setiap pengunjung yang datang, terutama kalangan siswa, guru, dan juga alumni dapat berkomunikasi dengan baik. Terdapat fitur khusus tambahan yang bisa membantu Anda untuk membaca profil tiap pengunjung.

Plugin ini juga bisa Anda gunakan untuk menarik audiens, terutama pengunjung yang berasal dari luar sekolah. Jangan lupa untuk membuat cara membuat website sekolah konten yang berkualitas, sehingga pengunjung website tidak hanya tertarik dengan website yang Anda buat saja, namun juga datang untuk melihat konten yang Anda buat.

Konten yang biasanya digunakan di wordpress adalah artikel, baik tulisan panjang maupun pendek. Tema yang Anda angkat bisa terkait dengan pendidikan. Boleh juga memasukkan tulisan siswa atau guru yang dirasa layak untuk dipublikasikan. Simak juga cara membuat website html

Itulah informasi singkat bagaimana cara membuat website sekolah dengan mudah. Sebagai pemula, proses pembuatan website sekolah menggunakan website tidak terlalu sulit. Oleh karena itu dengan mempelajari setiap tahapnya dengan seksama, Anda bisa mendapatkan website sekolah yang baik.

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel