-->

Begini Cara Membuat Emoticon Dari Kain Flanel Yang Super Mudah

Begini Cara Membuat Emoticon Dari Kain Flanel Yang Super Mudah Sebagai anak medsos (media sosial), kalian pasti sudah tidak asing dan sangat mafhum dengan penggunaan emoticon. Emoticon kerap kali digunakan sebagai perlambang emosi yang sedang kalian rasakan tatkala mengetik status, caption unggahan, ataupun bertukar pesan. Emoticon tersedia di berbagai platform media sosial lho, guys. Tak heran jika emoticon ini sempat hype abis pada masanya.

Emoticon memiliki bentuk yang simpel tapi lucu. Hal ini menjadi alasan bagi banyak orang yang terarik untuk berbisnis kerajinan berbentuk emoticon ketika popularitasnya meroket. Dengan modal sedikit karena bahannya yang murah dan proses pembuatannya yang mudah, bisnis emoticon ini sangat menjanjikan, lho! Kalau kalian tertarik untuk berbisnis kerajinan emoticon ataupun hanya sekedar ingin mengkreasikan emoticon secara handmade, simak penjelasan di bawah ini!. Baca juga artikel tentang tips dan cara membuat emoticon sendiri

Nah, sebelum membahas langkah-langkah pembuatan kerajinan emoticon berbahan dasar kain flanel ini, mari kita siapkan dulu alat dan bahannya. Untuk alat dan bahan yang diperlukan ternyata nggak ribet dan mudah ditemukan di toko-toko, lho. Dalam membuat kerajinan emoticon ini, alat yang kalian butuhkan adalah gunting, jarum jahit, dan spidol. Sedangkan untuk bahannya yaitu kain flanel berwarna senada dengan emoticon yang ingin kalian buat, dakron, benang rajut, dan lem tembak. Setelah semua alat dan bahan siap, yuk kita langsung menuju ke cara membuat emoticon dari kain flanel berikut ini.

cara membuat emoticon dari kain flanel

Cara membuat emoticon dari kain flanel mudah dan pasti jadi

1.      Membuat Pola

Pertama-tama, buatlah 2 pola dasar sesuai bentuk emoticon yang kalian ingin buat. Jika ingin membuat gantungan kunci, kalian bisa langsung menggambar pola menggunakan spidol di atas kain flanel dan guntinglah pola tersebut. Tetapi jika kalian ingin membuat boneka yang ukurannya lebih besar, sebaiknya kalian menggambar pola di kertas terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir kesalahan penggambaran pola pada kain flanel. Setelah pola selesai dibuat, tempelkan pola tersebut dengan kain flanel  menggunakan jarum pentul dan gunting sesuai pola.

2.   Cara Membuat Emoticon Dari Kain Flanel Yang Kedua Adalah Menggambar Mata Dan Mulut Pada Salah Satu Pola

Setelah pola dasar jadi, cara membuat emoticon dari kain flanel berikutnya adalah menggambar mata dan mulut pada salah satu pola. Jika kalian berencana membuat emoticon tersenyum dengan mata berbentuk hati, gambarlah garis lengkung senyum dengan menggunakan spidol terlebih dahulu. Setelah itu, jahitlah garis tersebut dengan menggunakan jarum jahit dan benang rajut. Kemudian barulah buat 2 pola hati pada kain flanel lain, gunting, dan tempelkan pada pola yang tadi dengan lem tembak.

3.      Jahitlah 2 Pola Dasar

Setelah selesai menghias pola depan emoticon, kini kalian bisa langsung menyatukan kedua pola dasar tersebut dengan menjahit sisi-sisinya. Gunakan jarum dan benang yang sama seperti cara nomor 2. jangan lupa untuk menyisakan sekitar 2-3 cm sisi flanel tidak terjahit. Pastikan kalian menjahitnya dengan rapi agar terlihat bagus. Pun, jangan lupa pastikan bahwa kalian menjahitnya dengan rapat dan kuat.

4.      Isi Dengan Dakron

Cara membuat emoticon dari kain flanel yang terakhir adalah mengisi pola yang sudah terjahit tadi dengan dakron. Isilah hingga sekitar ¾ penuh agar emoticon kalian tidak terlalu keras ketika ditekan-tekan. Setelah itu, jahitlah sisi flanel yang digunakan untuk memasukkan dakron tersebut. Nah, kini kerajinan emoticon kalian pun sudah siap! Jika kalian ingin menjadikannya gantungan kunci, kalian tinggal tambahkan ring gantungan pada emoticon kalian. Lalu, jika kalian ingin menjadikannya sebagai bross, tinggal tempelkan peniti di belakang emoticon dengan menggunakan lem tembak. Simak cara membuat emoticon BBM yang sangat mudah. 

Demikianlah cara membuat emoticon dari kain flanel yang bisa kalian tiru baik untuk membuat gantungan kunci, bross, ataupun boneka. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat bagi kalian yang sedang mencari ide untuk handcrafting, ya.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel