-->

Tips Merawat Sepeda Motor Injeksi yang Gampang


Tips Merawat Sepeda Motor Injeksi yang Gampang Rasanya sekarang ini sulit mencari orang yang tidak memiliki kendaraan sendiri terutama motor. Semakin berkembangnya zaman dan membutuhkan pergerakan yang instan dan cepat, motor menjadi pilihan utama bagi masyarakat perkotaan maupun pedesaan. Wajar jika jalanan di ibukota Jakarta selalu sesak dan macet dipenuhi oleh kendaraan bermotor. Memang, sulit untuk mengatur pertumbuhan kendaraan jika memang itu paling dibutuhkan oleh masyarakat.

Karena sudah menjadi sebuah kebutuhan, motor pun dipercaya menjadi status strata seseorang. Terutama di wilayah ibukota, jika ada muncul motor keluaran terbaru, masyarakat seperti sedang berlomba lomba untuk memilikinya. Walaupun itu bukan kebutuhan utama yang akhirnya tidak bisa digunakan semua karena memiliki lebih dari 1, akhirnya masing masing anggota keluarga pun mendapatkan jatah motor pribadi. Karena pola yang seperti itu terus, pada akhirnya hampir keseluruhan masyarakat memiliki motor yang menggunakan injeksi.

Motor injeksi adalah solusi irit yang digunakan masyarakat zaman sekarang ini. Sangat mudah mendapatkan tips merawat sepeda motor injeksi. Motor injeksi itu sendiri memiliki sistem kontrol bensin yang terdapat di injeksi itu sendiri untuk membatasi penggunaan bensin dan memaksimalkan tenaga yang dihasilkan. Di zaman dahulu memang menggunakan sistem karburator, yang mana pengaturan masuk keluarnya bensin ada di tuas gas. Semakin besar bukaannya, semakin boros bensin yang dikeluarkan. Simak artikel menarik lainnya tentang cara merawat sepeda motor.

Tips Merawat Sepeda Motor Injeksi yang Baik

Tips merawat sepeda motor injeksi
Saat ini, manusia seperti dimanjakan oleh teknologi. Salah satunya dalam perawatan motor injeksi ini. Teknologi ini tidak mengharuskan pengguna sering mencuci karburator dan atau perawatan lainnya. Hanya cek sana dan sini, beres. Jika ada permasalahan ya baru dibawa ke bengkel. Simak bagaimana merawat motor injeksi yang mudah.

Periksa aki secara rutin

Inti dari motor injeksi pada saat ini adalah kelistrikan. Jika kelistrikan terjadi masalah, maka hampir seluruh komponen dari motor tidak bisa digunakan. Tips merawat sepeda motor injeksi kurang afdol jika anda kurang memperhatikan aki yang anda gunakan. Jika menggunakan aki kering, anda wajib memanaskan motor anda setiap pagi. Jika aki basah, kontrol air aki agar tidak kering.

Gunakan bensin beroktan standar

Tak banyak yang paham tentang pengaruh oktan kepada motor. Semakin sedikit oktan yang dikonsumsi oleh motor, maka bisa dipastikan motor itu akan cepat kotor dan berkerak. Namun, jika oktan tinggi yang dipakai, maka tidak akan ada yang tersisa di jalur bensin itu menuju. Minimal oktan yang diperlukan motor pada zaman sekarang adalah 92. Kurang dari itu, motor anda pasti akan sering mengalami kendala.

Sering cek ECU

Electronic Control Unit, atau ECU adalah otak dari beroperasinya sebuah motor. Jika ECU kacau, maka berantakanlah sistem yang menjalankan sebuah motor. Fatalnya, motor tidak akan bisa berjalan normal sama sekali. Tips merawat sepeda motor injeksi ini paling penting diantara yang lain. ECU akan mengontrol seberapa bukaan bensin, kelistrikan, dan lain lain. Jika motor anda sering mati sendiri, merasa seperti tidak ada tenaga, atau “ndut-ndutan” itu berarti ECU sedang bermasalah. Segera bawa ke bengkel terdekat.

Sebenarnya, untuk merawat motor injeksi, tidak terlalu ribet seperti motor berkarburator. Akan tetapi jika motor injeksi bermasalah pada satu titik, maka bisa jadi akan merembet ke hal yang lain. Bahkan parahnya jika ada 1 komponen yang rusak, maka semua akan rusak. Lakukan perawatan secara berkala dan rutin adalah tips merawat sepeda motor injeksi.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel