-->

Cara Merawat Sepeda Motor CB 150R Agar Tahan Lama


Cara Merawat Sepeda Motor CB 150R Agar Tahan Lama! Mempunyai sebuah kendaraan memang sudah seharusnya dirawat, bukan hanya tubuh kita saja yang perlu dirawat loh. Kendaraan juga perlu dilakukan perawat, tujuannya tidak lain untuk menjaga agar penampilan luar dan dalamnya tetap dalam keadaan baik. Selain itu kenapa merawat motor itu perlu, karena salah satu cara agar motor lebih tahan lama dan tentunya awet.

Hampir semua orang memiliki kendala yang sama ketika mempunyai kendaraan, khususnya motor biasanya banyak orang yang bingung bagaimana cara merawatnya. Apalagi bagi seorang pemula, pasti akan sangat kebingungan bagaimana cara merawat motornya.

Nah, untuk itu kami datang dengan membawa informasi mengenai tips cara merawat sepeda motor CB 150R agar tahan lama/awet. Disini kami akan menyampaikan informasi merawat motor khususnya untuk CB 150R, meliputi cara menghidupkan dan mematikan motor dengan benar. Untuk itu langsung saja simak ulasan yang akan kami berikan di bawah ini:

Cara Menghidupkan Mesin Motor

Ketika pagi hari orang banyak yang akan melakukan aktivitasnya, biasanya banyak orang yang akan pergi menggunakan motor. Tidak sedikit orang menyalakan motornya dengan menggunakan starter elektrik, ternyata cara berikut kurang tepat loh. Ketika motor dalam keadaan dingin, disarankan ketika menyalakan motor memakai engkol/kick starter. Dalam menggunakan kick starter ini ternyata masih banyak yang salah, maka dari itu kami akan menyampaikan cara yang lebih baik:

1.      Cara merawat sepeda motor CB 150R yang pertama, adalah ketika hendak dinyalakan posisi motor harus tegak (standar tengah).
2.      Gunakanlah kick starter dengan cara diselah beberapa kali sekitar 5-10 kali. Dilakukan saat motor dalam keadaan mati (kontak motor jangan dihidupkan ya). Hal ini bertujuan agar oli motor dapat menyebar secara sempurna, sehingga oli akan melumasi seluruh komponen yang ada pada mesin.
3.      Langkah selanjutnya cara merawat sepeda motor CB 150R, nyalakan kontak motor, dengan kick starter untuk menghidupkan motor. Ketika motor sudah hidup jangan menarik gas sampai batas, tapi sekitar rpm 2000/3000 saja atau tidak perlu menarik gas. Panaskan motor minimal 3 menit, dengan catatan jangan menyalakan tombol elektrik strater ketika mesin menyala karena tidak baik.

Mematikan Mesin Motor

Cara merawat sepeda motor CB 150R

Tak hanya menyalakan motor saja yang harus dilakukan dengan tepat, ketika mematikannya pun harus dengan cara yang tepat. Berikut cara-cara yang lebih tepatnya
  1. Cara merawat sepeda motor CB 150R berikutnya, jangan sampai mematikan motor secara langsung memakai kunci kontak off. Lebih baik anda mendiamkan sebentar motor anda, tunggu sampai putaran pada mesin motor normal baru matikan kontak motor off.
  2. Ketika hendak mamatikan motor jangan sampai menarik gas hingga mentok lalu dimatikan. Karena suhu mesin akan melonjak naik saat putaran mesin motor berhenti.Simak juga artikel menarik lainnya cara merawat sepeda motor.
  3. Jangan pernah sekali-kali mematikan mesin motor ketika motor sedang berjalan kecuali ketika keadaan terpaksa. Selain dapat memperpendek umur motor, hal tersebut dapat membahayakan si pengguna motor tersebut. Jadi intinya, ketika ingin mematikan motor tunggu sampai posisi gas normal dan mesin benar-benar tidak berjalan lagi.

Nah, itulah tips bagaimana cara merawat sepeda motor CB 150R agar tahan lama dan tidak mudah rusak. Terkadang hal-hal yang kita anggap sepele ternyata berdampak sangat besar pada ketahanan motor kita.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel