-->

Bagaimana cara merawat sepeda motor matic dengan baik?


Bagaimana cara merawat sepeda motor matic dengan baik?-  Motor matic saat ini sudah menjadi kendaraan yang hampir dimiliki oleh setiap keluarga di Indonesia. Kemudahan dan kenyamanan menggunakan motor matic menjadi satu point penting. Mudah digunakan, nyaman, irit, trendi, dan mudah di rawat adalah kelebihan yang dimiliki motor matic. Di Indonesia motor matic di dominasi oleh honda, yamaha, suzuki, dan lainnya. Pasti kamu juga punya matic favorit sendiri kan ya?

Bicara motor matic, memang apa sih motor matic itu? Buat yang belum tau pengertiannya atau cuma sekedar menggunakannya nih infonya. Motor matic adalah salah satu jenis motor otomatis yang operan gigi manual. Memiliki kapasitas silinder (cc) yang kecil, pada kemudi dan pengendara terdapat ruang atau bagian kosong. Bagian atau ruang tersebut bisa digunakan untuk meletakkan kaki atau barang bawaan pengendara.

Bagaimana cara merawat motor matic dengan baik? Yuk simak penjelasannya.

Cara merawat sepeda motor matic

cara merawat sepeda motor matic

Rutin memanaskan motor tiap pagi

Memanaskan motor setiap hari baik untuk perawatan motor matic. Disarankan menggunakan kick stater agar baterai tidak berkurang terlalu banyak. Panaskan motor maticmu 5-10 menit saja agar oli mampu melumas mesin dengan baik.

Mengganti oli secara rutin

Mengganti oli mesin baik dilakukan setiap bulannya secara berkala. Selain oli mesin, rawat motor maticmu dengan mengganti oli girnya (shock motor) . Konsultasikan dengan mekanik atau bengkel langgananmu untuk jadwal penggantiannya.

Hindari kehabisan bensin pada motor

Perhatian layar speedometer pada motor maticmu, pastikan tidak mengisi bensin ketika jarum atau balok bensin di bawah atau habis. Usahakan mengisi bensin sampai full untuk menghindari kemungkinan yang buruk yang terjadi. Kehabisan bensin dapat merusak mesin pada motor khususya motor matic injeksi. Mengisi bensin secara rutin adalah cara merawat sepeda motor matic yang baik.

Rajin cek vanbelt dan roler

Rutin cek dan mengganti vanbelt merupakan hal wajib pada motor matic. Sangat berbahaya bagi kamu jika vanbelt tidak diganti pada waktunya. Hal ini bisa menyebabkan motormu berhenti secara langsung saat sedang berkendara.

Merawat Aki

Aki merupakan unsur paling penting pada motor, ganti secara rutin dan rajin mengeceknya. Kerusakan atau mati aki sangat berakibat buruk bahkan kamu akan sulit menghidupkan motor maticmu. Jika aki mati biasanya stater elektrik tidak bisa di gunakan, harus menggunakan kick starter dan sedikit membutuhkan tenaga. Melihat aki masih hidup atau tidak memang sedikit sulit, lakukan pola berkala untuk penggantianya. Ganti aki motor setiap 7-8 bulan sekali untuk hasil yang maksimal dan terhindar dari kendala motor.

Stabilkan Kecepatan Gas

Menjaga kestabilan kecepatan motor adalah hal yang penting. Pasalnya kebiasan mengerem pada kecepatan cepat atau tiba-tiba kurang baik dan mengurangi usia motor matic anda. Gunakan kecepatan yang stabil, atau setelah kecepatan tinggi kurangi kecepatan dan rem. Hal ini akan berpengaruh pada mesin, vanbelt dan unsur lain pada motor matic. Simak juga artikel menarik tentang tips merawat sepeda motor.

Servis Rutin

Hal paling penting pada cara merawat sepeda motor matic adalah servis rutin. Rajin servis dan selalu cek keadaan mesin dan motor matic anda.

Berikut informasi untuk merawat motor matic kamu. Jadilah pengendara yang baik, merawat motor dengan baik dan perhatikan kebersihan motor.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel