-->

Cara Memperbaiki Printer Berbagai Kerusakan atau Masalah

Cara memperbaiki printer

Cara Memperbaiki Printer - Printer merupakan suatu alat yang digunakan untuk mencetak tampilan dari monitor pada kertas. Informasi yang diberikan dapat berupa gambar ataupun tulisan. Printer ini sangat berguna untuk pribadi, sekolah maupun kantor. Dengan adanya printer dapat membuat file yang perlu diarsipkan. Printer termasuk kedalam katergori perangkat keras. Biasanya printer diletakan berdampingan dengan komputer atau laptop.

Printer yang digunakan ada berbagai macam jenis. Dari beberapa printer tersebut memiliki kualitas hasil print yang sangat bagus.

Berikut ini adalah beberapa jenis printer yang sering digunakan, yaitu:

Printer Dot Matrix
Printer jenis ini dikatakan printer paling jadul, karena measih menggunakan karbon sebagai tintanya. Hasil dari printer ini kurang bagus, tulisannya masih agak kasar dan tidak jelas. Resolusi yang dimiliki juga sangat rendah. Printer jenis ini memiliki kecepatan 500 cps (character per second).

Printer Inkjet
Printer inkjet ini adalah alat cetak yang sudah menggunakan tinta. Printer jenis ini mampu mencetak dalam berbagai jenis ukuran kertas dengan kualitas yang cukup baik. Resolusi dari printer ini dapat mencapai 5760 x 1440 dpi.

Printer Laser Jet
Kemampuan printer laser jet ini lebih baik dibanding dengan printer inkjet dan printer dot matrix. Alat cetaknya tidak menggunakan tinta melainkan sudah menggunakan bubuk toner dan pencetakkan menggunakan infra merah. Harga dari printer laser jet ini jauh lebih mahal dibandingkan dengan printer inkjet.

Thermal Printer
Printer yang satu ini cukup unik. Karena thermal printer akan mencetak dengan menggunakan panas. Printer ini dapat mencetak sangat cepat. Pada umumnya thermal printer digunakan dalam mesin atm, masin antrian ataupun mesin pembayaran untuk dikasir.

Itu semua merupakan beberapa jenis printer yang sering digunakan hingga saat ini. Printer jika digunakan secara terus menerus akan mengalami kerusakan. Contohnya kehabisan tinta, sering macet ataupun tidak dapat difungsikan lagi. Berbagai kerusakan pada printer sering kita temukan.


Cara Memperbaiki Printer


Tulisan terputus-putus

Printer yang sering digunakan akan mengalami habis tinta. Selain itu printer yang jarang digunakan akan menyebabkan lubang catridge membeku akibatnya printer tidak bisa mengeluarkan tinta. Jika tinta habis, maka Anda dapat mengisinya dengan tinta yang sama. Andai kata terjadi masalah catridge membeku gunakanlah cara:

  1. klik file
  2. pilih print
  3. pilih properties
  4. pilih maintenance
  5. pilih cleaning

Lakukan cara itu beberapa kali. Untuk mengecek hasil cleaning dapat memilih menu "nozzle check". Hasilnya bisa dicetak untuk mengetahui hasilnya. Jika sudah berhasil, maka masalah catridge pun telah teratasi.

Tidak bisa mencetak

Selain tulisan yang terputus, masalah berikutnya pada printer adalah tidak bisa mencetak. Hal ini disebabkan oleh koneksi printer, switch printer dan kabel USB. Untuk mengatasi penyebab tidak bisa mencetak karena koneksi printer dapat mengecek koneksi printer dengan jaringan listrik dan memastikan power printer telah menancap di kontak listrik dengan sempurna.

Jika tidak bisa mencetak karena switch printer maka memastikan tombol on-off berada diposisi "on". Yang kerduan karena lampu indikator pada printer tidak menyala. Sedangkan karena kabel USB dapat memeriksa kabel data printer apakah sudah terhubung dengan port dengan benar.

Printer bekerja namun tidak ada hasil cetakan

Kasus ini sering terjadi printer. Hal ini bisa disebabkan karena toner tinta habis, ada benda yang menghalangi printer dan tinta printer telah kering karena jarang digunakan atau kualitas yang kurang bagus. Jika hal itu terjadi, maka tindakan yang dapat dilakukan adalah:

  1. lepaskan head dan catridge dari printer
  2. pisahkan catridge tinta dari head
  3. celupkan catridge tinta kedalam air panas
  4. celupkan juga ujung headnya pada air panas
  5. sesudah itu keringkan dengan menggunakan lap bersih hingga tidak ada tersisa air yang menempel
  6. Pada saat mencelupkan sebaiknya sambil digoyangkan. Ini dimaksudkan agar tinta yang mengeras dapat kembali encer. Penyumbatan tinta yang mengering pada headnya juga dapat diatasi dengan cara tersebut.


Lampu indikator terus berkedip ketika diberikan perintah mencetak

Ketika hendak mencetak, terkadang printer tidak merespon perintah. Yang ada malah lampu indikator terus berkedip. Hal ini dapat diatasi dengan mengecek catridge apakah sudah terpasang dengan baik, posisi pemasangan catridge apakah sudah tepat dan periksa apakah ada kertas yang menghalangi proses pencetakan. Jika sudah terpasang dengan baik dan benar serta dipastikan tidak ada benda asing yang tertinggal, maka kembalikan printer kembali seperti semula. Cara selanjutnya dapat mematikan sementara printer dan menghidupkan kembali.

Karakter yang dicetak tidak lengkap

Ketika mencetak hasilnya bagus, tetapi ada beberapa karakter yang tidak lengkap. Misalnya tulisan terpotong atau tulisan maupun gambar bergaris. Cara untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan dengan:


  1. mengecek kabel penghubung printer dengan komputer
  2. cek jenis kabel data yang digunakan apakah sesuai dengan standar jenisnya
  3. periksa driver yang digunakan printer
  4. mengupdate ulang driver dengan versi yang baru
  5. memeriksa dokumen, siapa tahu kesalahan pada dokumen yang dicetak
  6. pastikan halaman yang dicetak benar
  7. periksa printer apakah ada benda yang masuk kedalam printer
  8. Jika itu semua tidak berhasil, maka Anda harus menyeting ulang printer tersebut. Setelah itu gunakan instalan yang terbaru untuk printer jenis tersebut.


Kertas tidak keluar dari printer

Sering kali ketika hendak mencetak, kertas tersebut tidak keluar dari printer yang ada malah tersangkut didalamnya. Nah, jika hal itu terjadi, maka yang harus dilakukan adalah:


  1. matikan power printer
  2. lepaskan kabel power printer dari stop kontak
  3. ambil sisa kertas yang belum masuk ke dalam printer
  4. buka printer dengan melepaskan penutupnya
  5. tarik kertas yang tersumbat secara perlahan
  6. Jika hal itu sudah dilakukan maka, kembalikan printer ke posisi semula. Pastikan bahwa tidak ada sisa kertas yang terselip pada printer. Cobalah dengan mencetak data.


Kertas tidak bisa masuk dengan benar kedalam printer

Hal ini bisa terjadi kapan saja. Jika terjadi hal demikian, maka yang perlu Anda lakukan adalah mencoba memuat ulang kertas kedalam printer kemudian atur switch pilihan ukuran kertas yang sesuai. Sesudah itu periksa kondisi kerta apakah masih baik atau tidak. Jangan memasukan kertas yang sudah sobek atau kertas yang kusut atau yang terlalu ditipis kedalam printer. Hal terahkir adalah memeriksa bagian dalam printer apakah ada benda asing yang menyangkut didalam printer.

Memasukan kertas kedalam printer jangan terlalu banyak. Ini menyebabkan overload pada printer dan printer tidak dapat mencetak. Pada saat membuka printer pastikan benar-benar jika tidak ada benda kertas yang menyangkut. Kembalikan printer dalam kondisi semula dimana pemasangan kabel terpasang dengan baik.

Demikian beberapa cara memperbaiki printer. Jika Anda tidak sanggup untuk memperbaiki printer, maka segera ke tempat service printer. Karena jika salah memperbaiki yang terjadi malah printer tidak bisa digunakan sama sekali alias rusak total. Perawatan pada printer juga perlu diperhatikan agar printer terhindar dari masalah tersebut. Printer sekarang ini sudah memiliki teknologi yang lebih maju dibanding sebelumnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel