Cara menggunakan Kamera DSLR Tanpa Cermin Sebagai Webcam

Cara menggunakan Kamera DSLR Tanpa Cermin Sebagai Webcam

Bekerja dari rumah telah menjadi norma baru bagi kebanyakan dari kita, dengan ruang pertemuan sekarang digantikan oleh orang-orang seperti Zoom, Hangouts atau Skype. Tetapi jika webcam internal laptop Anda tidak sesuai dengan yang Anda inginkan, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menggunakan DSLR atau mirrorless Anda sebagai webcam - dan kami di sini untuk menunjukkan caranya.

Tentu saja, Anda bisa membeli webcam mandiri saja, tetapi ada dua masalah dengan itu. Pertama, banyak webcam terbaik sekarang terjual habis (meskipun kami memiliki fitur praktis yang mengungkapkan tempat untuk membeli webcam ). Selain itu, banyak yang tidak dapat menyamai kualitas profesional atau resolusi kamera yang sudah Anda miliki.

Menggunakan kamera DSLR atau mirrorless Anda sebagai webcam tidak semudah menyambungkannya ke laptop Anda, bahkan jika Canon baru-baru ini menawarkan solusi perangkat lunak praktis untuk pengguna AS di bagian depan ini. Tetapi ada dua pendekatan utama, satu menggunakan USB dan metode superior melalui HDMI, yang secara umum sama untuk sebagian besar kamera, yang telah kami uraikan di bawah ini.

Yang mengatakan, seperti yang ditunjukkan oleh perangkat lunak Canon, ada juga perbedaan kecil tergantung pada apakah Anda memiliki kamera Canon, Nikon atau Sony. Jadi kami mendekati setiap produsen untuk memberi kami panduan dan tips terkait rentang kamera mereka, yang telah kami sertakan lebih jauh di halaman ini.

Anda dapat beralih ke yang menggunakan menu di atas, tetapi pertama-tama inilah pendekatan umum untuk menggunakan kamera Anda sebagai webcam.Untuk melakukan ini, Anda membutuhkan tiga bahan utama:
  1. Kartu pengambilan video
  2. Kabel HDMI dan USB
  3. Perangkat lunak siaran (opsional)
Untuk benar-benar mendapatkan video dan suara dengan kualitas terbaik, beberapa aksesori opsional lainnya termasuk mikrofon eksternal, tripod, dan lampu. Tetapi untuk bagian ini kami fokus pada dasar-dasar yang diperlukan untuk membuat kamera DSLR atau mirrorless Anda berfungsi sebagai webcam.

Sebelum kita mulai, perlu dicatat bahwa kamera Anda membutuhkan output HDMI dan kemampuan untuk output sinyal HDMI 'bersih', yang berarti yang tidak termasuk overlay grafis seperti frame-rate dan mode fokus otomatis. Pada banyak kamera, Anda dapat menghapus ini baik dalam pengaturan atau hanya dengan menekan tombol 'info' atau 'display' di bagian belakang kamera.

Cara Menggunakan Kamera DSLR Tanpa Cermin Sebagai Webcam

1.) Dapatkan perangkat pengambilan video

Jika Anda menggunakan pendekatan HDMI, Anda akan memerlukan kartu video capture yang mendukung UVC (atau USB Video Class). Ini adalah protokol yang sama yang memungkinkan webcam bekerja dengan orang-orang seperti Zoom dan Skype.

Sayangnya, perangkat ini sangat diminati saat ini. Pilihan terbaik, Elgato Cam Link 4K, sulit ditemukan, dengan Elgato memberi tahu kami bahwa itu menjual lebih cepat daripada yang bisa mereka lakukan.

Jika Anda tidak dapat melacak salah satu dari itu, ada baiknya mempertimbangkan alternatif seperti Elgato HD60 S +, Magewell USB Capture HDMI gen 2, dan Mirabox Capture Card. Berikut adalah beberapa penawaran terbaik yang tersedia saat ini.

2.) Hubungkan

Melacak kartu penangkap? Sekarang tinggal menghubungkannya ke kamera dan laptop Anda, menggunakan kabel HDMI (ini mungkin menggunakan adaptor HDMI-to-Micro HDMI) dan kabel USB. Ini akan sering datang dengan kartu video capture, tetapi ada baiknya memeriksa sebelum Anda membeli.

Colokkan output HDMI kamera Anda ke input HDMI pada kartu video capture, lalu yang kedua ke laptop Anda melalui USB. Periksa manual perangkat penangkapan video Anda untuk melihat apakah Anda memerlukan driver tambahan. Semua selesai? Sekarang Anda siap untuk melangkah ke langkah terakhir.

3.) Dapatkan dan jalankan

Jika Anda hanya ingin mengubah kamera Anda menjadi webcam untuk rapat tim, maka Anda tidak perlu menginstal perangkat lunak tambahan apa pun. Apakah Anda menggunakan macOS atau komputer Windows, laptop Anda harus mengenali kamera sebagai webcam dan membuatnya tersedia sebagai opsi di aplikasi konferensi video pilihan Anda.

Tetapi jika Anda ingin mengubah pengaturan Anda atau menambahkan beberapa efek, Anda dapat menggunakan OBS (Open Broadcaster Software), yang direkomendasikan oleh Nikon sebagai pilihan utama untuk kameranya (lebih lanjut tentang itu di bawah). OBS adalah aplikasi open source gratis untuk Windows, Mac dan Linux, dan mencakup fitur-fitur canggih seperti mixer audio. Beberapa alternatif untuk OBS termasuk Streamlabs atau Xsplit .

Cara menggunakan kamera Anda sebagai webcam; Bonus Tips

Panduan kami di atas adalah pendekatan luas untuk menggunakan kamera Anda sebagai webcam, tetapi ada beberapa juga nuansa tergantung pada merek kamera Anda sendiri.

Jadi kami bertanya kepada semua produsen kamera besar untuk beberapa kiat tambahan berdasarkan jangkauan kamera mereka - dan sementara Sony dan Fujifilm tidak dapat mengarahkan kami ke hal lain di luar kiat di atas, Canon dan Nikon memang memiliki beberapa informasi tambahan, yang dapat Anda temukan di bawah.

Pengaturan kamera terbaik

" Pilih angka 'f' rendah untuk memberi Anda pemisahan yang baik antara diri Anda dan latar belakang. Bukaan f / 2.8 atau f / 4 akan ideal untuk ini," kata Neil.

"Atur ISO ke 64 atau 100 tergantung pada pengaturan ISO asli untuk kamera Anda dan hidupkan ISO Otomatis. Kecepatan rana Anda akan tergantung di mana Anda berada di dunia tetapi akan 1/50 atau 1/60 detik. Anda juga harus mematikan power atau timer tidur yang diatur pada kamera. Fokuskan kamera menggunakan fokus manual atau pelacakan wajah jika Anda memiliki fitur itu pada kamera Anda, "tambahnya.

Memilih lensa

"Ini akan ditentukan oleh ruang yang tersedia dan tampilan yang Anda inginkan dalam siaran Anda. Saya sarankan mulai dengan 24-70mm f / 2.8 atau f / 4 untuk memberi Anda fleksibilitas dengan komposisi dan pembingkaian gambar," kata Neil. 

"Anda juga dapat mempertimbangkan mungkin 35mm atau 50mm f / 1.8, tetapi Anda harus sangat akurat dengan fokus Anda jika Anda menggunakannya secara terbuka lebar. Dan seperti halnya semua lensa utama, Anda perlu berpikir dengan hati-hati tentang membingkai gambar. ," dia menambahkan.

Memilih kartu pengambilan video

Seperti kami, Neil menyarankan untuk menggunakan Elgato Cam Link 4K, jika Anda dapat melacaknya.

Tetapi jika Anda tidak dapat menemukannya, ada alternatif yang baik. "Saya telah menggunakan perangkat perekam video eksternal Elgato Cam Link 4K atau Elgato HD60 S +, yang keduanya bekerja dengan baik dengan Z7 saya," katanya.

Dan jika Anda tidak dapat menemukannya, kartu rekam video lain yang ia rekomendasikan antara lain Magewell USB Capture HDMI gen 2 dan Mirabox Capture Card.

Pengaturan perangkat lunak

Meskipun ada alternatif seperti Xsplit dan Streamlabs , Neil juga penggemar OBS untuk streaming langsung dari kamera Nikon.

"Saya menggunakan OBS (Open Broadcaster Software) untuk memproses umpan video langsung dari kamera. OBS adalah perangkat lunak yang sangat kuat yang memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai hal menarik seperti 'layar hijau' latar belakang Anda," dia berkata.

Efek suara

Tidak ada gunanya pergi ke kota pada kualitas video streaming Anda, hanya untuk dikecewakan oleh audio.

Pengaturan Neil termasuk mikrofon USB Yeti, sinyal audio yang masuk ke perangkat lunak OBS untuk disinkronkan dengan sinyal video. Panduan mikrofon USB terbaik kami juga merekomendasikan Razer Seiren Elite.

Biarkan ada lampu

Kualitas video DSLR atau kamera tanpa cermin mungkin bagus, tetapi hanya dapat bekerja dengan pencahayaan yang tersedia. Jika Anda berpikir di luar konferensi video menuju streaming pro-level untuk orang-orang seperti YouTube dan Twitch, maka Neil memiliki beberapa tips pencahayaan untuk Anda.

"Lampu depan utama untuk menerangi diri Anda sangat penting, panel lampu LED dengan diffuser berfungsi baik dalam situasi ini. Pastikan sumber cahayanya cukup besar dibandingkan Anda untuk memastikan tidak ada bayangan yang keras," katanya.

"Cahaya kedua pada latar belakang juga dapat digunakan, karena ini akan menambah kedalaman ekstra pada gambar. Jika Anda masih memiliki bayangan atau area gelap pada gambar, menerangi mereka yang memiliki cahaya isian tambahan kecil selalu menjadi pilihan," tambah Neil.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel